Sabtu, 26 Januari 2013

Sjearah Singkat AKB48



AKB48 (AKIHABARA48) adalah sebuah idol grup dari Jepang yang diproduseri oleh Yasushi Akimoto (Selanjutnya disebut Aki-P). AKB48 berdiri sejak tahun 2005, mereka melakukan debut pertamanya pada tanggal 8 Desember 2005. Idol grup ini meraih popularitas yang sangat besar di Jepang. Singkatan AKB yang berarti AKIHABARA adalah sebuah area di Tokyo, yang dimana pada lantai ke - 8 Toko Don Quijote terletak sebuah Teater milik grup ini.

Konsep atau ide yang dicetuskan oleh Aki-P pada idol grup ini adalah "IDOLA YANG DAPAT DITEMUI", yaitu membentuk sebuah idol grup berbasis Teater, dimana para penggemar bisa melihat idolanya setiap hari. Saat ini, karena begitu besar permintaan tiket yang ada, tiket Teater AKB48 hanya dijual melalui undian.

AKB48 adalah pemegang Guiness World Record "Grup Pop Terbesar di Dunia". Saat ini, AKB48 memiliki 67 anggota tetap yang terbagi dalam 3 tim, yaitu TIM A, TIM K dan TIM B dan 67 anggota tersebut tidak termasuk para siswi pelatihan, yang disebut "kenkyuusei". Para kenkyuusei akan masuk menjadi anggota tetap saat ada anggota yang graduate, mengundurkan diri dan sebagainya. Para anggota AKB48 adalah para remaja putri yang berusia mulai dari 14 tahun hingga 20 tahun ke atas.

Pada saat ini, AKB48 telah memiliki "adik kandung" yang tersebar di beberapa daerah di Jepang, mereka adalah SKE48, NMB48, HKT48. Adapula SDN48 yang memiliki konsep idol group dewasa, yang telah dibubarkan pada tahun 2012 kemarin, lalu ada juga OJS48, idol group yang berisikan paman - paman yang sudah "berumur" dan TYB48, idol group yang baru memiliki 3 orang member ini, memiliki ciri khas sendiri, yaitu seluruh membernya memiliki gigi gingsul (Tsuke Yaeba).

Selain memiliki adik kandung di Jepang, AKB48 juga memiliki adik kandung di luar Jepang. JKT48 (Indonesia) adalah adik kandung pertama AKB48 di luar Jepang, yang sudah mencapai kepopularitasan yang begitu besar di negerinya sendiri serta di Jepang, mereka memulai debutnya pada tahun 2011 lalu. Lalu, ada SNH48 (China) yang baru saja memulai debutnya pada tahun 2013 ini. Beberapa adik kandung AKB48 di luar Jepang yang akan menyusul untuk debut adalah seperti TPE48 (Taiwan) dan HKG48 (Hong Kong).



Sumber : Wikipedia (Kata Kunci: AKB48)


Ditulis oleh : P-Chan  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar